Pengaruh pendekatan Brain Bassed learning (BBL) terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi sistem Persamaan Linear Tiga Variabel siswa kelas X MA Al-Fatah Ambon

Sopamena, Patma (2018) Pengaruh pendekatan Brain Bassed learning (BBL) terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi sistem Persamaan Linear Tiga Variabel siswa kelas X MA Al-Fatah Ambon. Prosiding SENMAS Matematika dan Pendidikan Matematika.

[img] Text
Pengaruh pendekatan Brain Bassed learning (BBL) terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi sistem Persamaan Linear Tiga Variabel...pdf

Download (637kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh pendekatan brain bassed learning (BBL) terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MA Al-Fatah Ambon.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 September sampai tanggal 27 Oktober 2017 di kelas X MA Al-Fatah Ambon.Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Fatah Ambon yang berjumlah 37 orang siswa (total sampling).Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan rubrik penalaran matematis.Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi dengan menggunakan SPSS Version 23.Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pendekatan Brain Bassed Learning terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penalaran matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan pengaruh sebesar 21%, sedangkan 79% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Matematika
Penelitian Dosen
Divisions: Jurnal
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:16
Last Modified: 12 Aug 2021 08:16
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item