Student's thinking path in mathematics problem-solving referring to the construction of reflective abstraction

Sopamena, Patma (2018) Student's thinking path in mathematics problem-solving referring to the construction of reflective abstraction. Tadris Matematika, 11 (2). pp. 156-166. ISSN -

[img] Text
Student's thinking path in mathematics problem-solving referring to the construction of reflective abstraction.pdf

Download (701kB)

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian yang bertujuan mengungkap jalur berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan konstruksi abstraksi reflektif. Abstraksi reflektif merupakan proses berpikir individu dalam membangun struktur logika (struktur matematis logis) melalui interiorisasi, koordinasi, enkapsulasi, dan generalisasi. Artikel ini akan menganalisis seorang mahasiswa yang memiliki jalur berpikir tertutup sederhan, salah satu dari dua jalur berpikir yang terungkap dalam penelitian, dalam menyelesaikan permasalahan limit. Proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan konstruksi abstraksi reflektif dapat terjadi melalui jalur interiorisasi – koordinasi – enkapsulasi – generalisasi kemudian ke koordinasi – enkapsulasi – generalisasi. Hasil penelitian ini memberikan alternatif dalam memahami dan merancang aktivitas pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Matematika
Penelitian Dosen
Divisions: Jurnal
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:37
Last Modified: 12 Aug 2021 08:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item