Praktek Nilai-Nilai Islam Melalui Metode Discovery Learning Ketuntasan Menyelesaikan Soal-Soal Bernuansa Islami di SMP Negeri 10 Huamual Belakang

Husemahu, Harsan (2021) Praktek Nilai-Nilai Islam Melalui Metode Discovery Learning Ketuntasan Menyelesaikan Soal-Soal Bernuansa Islami di SMP Negeri 10 Huamual Belakang. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengenalan soal-soal bernuansa Islam bagi peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang sesuai. Olehnya itu dilakukan penelitian guna mengenalkan nilai-nilai Islam melalui metode discovery learning pada mata pelajaran matematika. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek nilai-nilai Islam melalui metode discovery learning terhadap ketuntasan dalam penyelesaian soal-soal bernuansa Islam pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Huamual Belakang. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktek dan proses dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan hasil belajar materi bilangan dengan soal-soal bernuansa Islam bagi siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Huamual Belakang. Praktek nilai-nilai Islam dalam kegiatan inti memberikan kontribusi positif bagi ketuntasan belajar pada pertemuan pertama. Berdasarkan hasil lembar penilaian hasil kerja siswa pada pertemuan kedua, terjadi peningkatan hasil belajar pada pertemuan kedua. Nilai rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 50%, sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 80%. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada materi bilangan soal-soal bernuansa Islam dinilai tuntas pada pertemuan kedua. Besar peningkatan hasil belajar materi soal-soal bernuansa Islam bagi siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Huamual Belakang dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Abdillah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery learning
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:45
Last Modified: 29 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item