Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas VIII MTs Al-Anshar Ambon

Pikauli, Masnun (2021) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas VIII MTs Al-Anshar Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, karena dengan pendidikan, seseorang dapat membedakan kemampuannya dalam berpikir. Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajar dengan cara siswa belajar dalam bentuk kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai enam orang secara heterogen, dan siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Model Talking Stick adalah model pembelajaran di kelas berorientasi pada terciptanya kondisi belajar melalui permainan tongkat yang diberikan dari satu siswa kepada siswa yang lainnya untuk menjawab pertanyaan atau pendapat yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Hasil Belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan talking stick pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII MTs Al-Anshar Ambon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan desain penelitian menggunakan pre test dan post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al-Anshar Ambon yang berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes dengan menggunakan soal PG sebanyak 20 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic menggunakan SPSS Versi 16. Penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar pre test jigsaw 30,25 dan nilai rata-rata post test adalah 76,75 dengan selisi sebesar 46,5. Sedangkan hasil pre test talking stick 35,75 dan nilai rata-rata post test adalah 83,75 dengan selisih sebesar 48. Dengan demikian terdapat hasil uji hipotesis menggunakan uji t = 3,255 dan nilai Sig (2-tailed) = 0,002 karena Sig. < α yaitu 0,002 < 0,05. maka terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan talking stick pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII/A dan VIII/B MTs Al-Anshar Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Janaba Renngiwur, M. Pd / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran jigsaw, Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:04
Last Modified: 16 Nov 2021 05:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item