Penilaian Pengetahuan Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model Programme for International Student Assessment (PISA) Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Sangadji, Ramla (2021) Penilaian Pengetahuan Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model Programme for International Student Assessment (PISA) Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan konseptual siswa dalam menyelesaikan soal model Programme for International Student Assessment (PISA) Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan alami sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa ada manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan pertama data kualitatif tujuan untuk mengetahui pengetahuan konseptual siswa dalam menyelesaikan soal model Programme for International Student Assessment (PISA) Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 05 Oktober 2020 – 05 November 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Teknik analisis data merujuk pada reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa proses pengetahuan konseptual siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon diperoleh bahwa siswa pada indikator pertama: menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu berupa representasi verbal dimana siswa mampu menguasai bahasa yang baik secara lisan dan tulisan dimana siswa dapat menyebutkan apa yang diketahui dalam soal, siswa mampu menyebutkan apa yang ditanyakan dalam soal, dan siswa mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan kata-kata atau teks tertulis, dan representasi simbolik dimana siswa mampu menerjemahkan permasalahan matematika ke dalam rumus dan persamaan. Selanjutnya indikator kedua: menggunakan prosedur atau operasi tertentu yaitu siswa mampu menjelaskan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ditanyakan dengan masalah yang dihadapi serta mampu menunjukkan penyelesaian menggunakan perhitungan dengan menempatkan nilai yang dimasukkan. Selanjutnya pada indikator ketiga: mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah yaitu siswa mampu menunjukkan serta memeriksa kebenaran atau masalah yang ditemukan dengan mengatakan langkah-langkah yang dikerjakan sesuai dengan cara yang telah diterapkannya serta membuat kesimpulan dengan benar dan tepat. Sehingga siswa memenuhi 3 indikator pengetahuan konseptual yaitu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, menggunakan prosedur dan operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Konseptual Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Nov 2021 01:26
Last Modified: 18 Nov 2021 01:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item