Penggunaan Metode Discovery Learning Berbantuan LKS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap

Bot, Fatma Wati Buamona (2021) Penggunaan Metode Discovery Learning Berbantuan LKS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode discovery Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah di terapkan Metode Discovery Learning berbantuan LKS pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019 – 2020 selama sebulan terhitung pada 26 Oktober 2020 – 26 November 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati perilaku siswa dan guru pada saat pembelajaran berlangsung dan tes dilakukan setelah selesai pemberian materi atau setiap selesai per siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar siswa, diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata klasikal pada siklus I adalah 54,36 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,67%, siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 4 siswa dari 15 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap. Pada siklus II hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dibanding siklus I, nilai rata-rata klasikal adalah 75,78 dengan ketuntasan klasikal 93,33%, siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 14 siswa dari 15 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lehitu Barat Satu Atap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Afriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Persamaan dan Pertidaksamaan Linier
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:09
Last Modified: 19 Nov 2021 01:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item