Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkn Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 5 Salahutu pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Ibrahim, Nurfitanti (2021) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkn Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 5 Salahutu pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan repersentasi matematis setelah penerapan model pembelajaran kontekstual di kelas VIII Smp Negeri 5 Salahutu. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan dengan sampel peserta didik kelas VIII-B Smp Negeri 5 Salahutu sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan representasi matematis, angket respon peserta didik, Lembar pengamatan guru, Lembar pengamatan peserta didik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan representasi sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kontekstual, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji perbedaan yaitu sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai ∝ . Perbedaan tersebut dapat dilihat dari Mean atau rata-rata kemampuan representasi matematis. Sebelum penerapan rata-rata kemampuan representasi matematis sebesar 32,26 dan setelah penerapan rata-rata kemampuan representasi matematis menjadi 78,80 dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis setelah penerapan model pembelajaran kontekstual lebih baik dari kemampuan representasi matematis sebelum penerapan. Hasil ini didukung oleh data kualitatif berupa analisis hasil tes yang diperkuat dengan wawancara dan memperoleh hasil bahwa setelah penerapan model pembelajaran kontekstual peserta didik dengan pola jawaban pertama mampu memenuhi indikator written text, drawing dan mathematical expression. Sedangkan peserta didik dengan pola jawaban kedua mampu memenuhi indikator written text, drawing namun masih kurang mampu memenuhi indikator mathematical expression. Dari hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan model pemebelajaran kontekstual diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual berlangsung efektif dengan presentase 91% dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Di samping itu, hasil angket respon menunjukkan bahwa peserta didik merespon positif pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Dec 2021 00:49
Last Modified: 01 Dec 2021 00:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item