Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika kelas VIII Di MTs. Terpadu Al-Madinah Ambon

Wally, La Udin (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika kelas VIII Di MTs. Terpadu Al-Madinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Terpadu Al-Madinah Ambon. Tipe penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian berlangsung dari tanggal 28 Mei sampai dengan 4 Juni 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Terpadu Al-Madinah Ambon yang berjumlah 21 orang. Penjaringan subjek dilakukan dengan cara memberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada seluruh siswa untuk mengerjakan soal tes pertama, kemudian diambil beberapa orang siswa yang memperoleh nilai tertinggi yang menjawab benar pada penyelesaian soal pertama. Kemudian dijaring untuk mendapatkan beberapa orang subjek dengan menyelesaikan soal tes kedua berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Dari subjek yang menjawab benar maka akan di lakukan wawancara untuk mencari subjek yang memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, dan wawancara. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Terpadu Al-Madinah Ambon disimpulkan subjek 1 atau DFAS dalam mengerjakan soal tes menjawab benar dan memenuhi indikator memahami masalah; merencanakan penyelesaian masalah; menyelesaikan masalah; memeriksa kembali jawaban. Sedangkan subjek 2 atau MN dalam mengerjakan soal tes menjawab benar dan memenuhi indikator memahami masalah; merencanakan penyelesaian masalah; menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Statistika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:36
Last Modified: 01 Dec 2021 01:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item