Strategi Eksistensi Harian Rakyat Maluku dalam Persaingan Media Massa di Kota Ambon

Ohoirenan, Samsul Bahri (2021) Strategi Eksistensi Harian Rakyat Maluku dalam Persaingan Media Massa di Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Harian Rakyat Maluku adalah salah satu media cetak koran yang ada di Maluku khusunya Kota Ambon mempunyai peran penting dalam memberikan informasi bagi masyarakat luas. Maka dari itu Harian Rakyat Maluku sebagai salah satu media cetak koran yang berpengaruh di kota Ambon dan sejumlah wilayah di Provinsi Maluku ini harus menjaga eksistensinya agar tetap eksis dalam memberikan informasi dan strategi yang baik untuk bersaing dengan media lainnya. Maka peran strategi perusahaan media ini diperlukan sehingga bisa bertahan dan bersaing dengan pesaing lain dalam memberitakan media informasi apalagi ditambah perkembangan teknologi penyiaran mulai dari koran, majalah, radio, televisi dan internet sebagai sarana penyiaran informasi untuk memenuhi kebutuhan makhluk sosial. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deksriptif, selain menggambarkan atau menjabarkan fakta dan peristiwa yang terjadi pada objek penelitian, juga proses terjadinya, perkembangan dan perubahan-perubahan keseluruan interaksi faktor- faktor dalam penelitian tersebut. Kemudian peneliti mencatat, mendeskripsikan, dan menganalisis. Disamping itu peneliti juga mengumpulkan data-data yang diperoleh dari hasil wawancara yang mendalam, dokumentasi, kemudian data tersebut dicatat, dianalisis, dideskripsikan, dan diinterpretasikan, dengan tidak menggunakan angka kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan, Strategi Eksistensi yang dilakukan Harian Rakyat Maluku dalam persaingan Media Massa di Kota Ambon yaitu, memproduksi berita yang berkualitas, melakukan rapat redaksi untuk melakukan perencanaan liputan, menjaga pelayanan kepada pelanggan, melakukan pemasaran dengan baik, serta menyeimbangan antara media cetak dan online. Desain layout yang menarik sesuai khalayak pembaca. Menentukan isu berita yang hangat dan menarik, selalu konsisten dalam menjaga kepercayaan pelanggan, dan berimbang dalam mempublikasikan berita baik di media cetak maupun online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Syarifuddin, M.Si / Ismail Hehanussa, S.Sos.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, media massa
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurnalistik
Jurnalistik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurnalistik
Berdasarkan Subyek > Jurnalistik
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:55
Last Modified: 06 Dec 2021 01:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item