-, Jasmin (2021) Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hot Pada Materi Teorema Phythagoras Kelas VIII SMP Negeri 3 Huamual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (1MB) |
|
Text
JASMIN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa tentang ide- ide matematika yang diperlihatkan oleh siswa sebagai hasil interpretasi dari pikirannya serta mengaitkan konsep matematika ke dalam beberapa bentuk. Indikator kemampuan representasi matematis yang akan digunakan dalam penelitian ini mengacu pada indikator representasi menurut Villegas antara lain, Representasi gambar (Pictorial Representation); kemampuan siswa dalam membuat gambar atau grafik untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, Representasi Simbol (Symbolic Representation); kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan membuat model ekspresi matematis, Representasi verbal (Verbal Representation); kemampuan siswa dalam Menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan tentang kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal HOT matematika pada materi teorema phythagoras kelas VIII SMP Negeri Huamual Seram Bagian Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari dua siswa yang memenuhi indikator kemampuan representasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Soal HOT untuk mengukur kemampuan Representasi serta wawancara. Data hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator-indikator yang memenuhi kemampuan representasi gambar, simbol dan verbal. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles dan Hiberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi waktu dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian memberikan kesimpulan: 1) Siswa memiliki kemampuan representasi gambar sangat baik. Siswa mampu membuat gambar geometri dengan benar. Hal ini terlihat dari siswa mampu membuat gambar segitiga siku-siku dan trapesium, bahkan siswa mampu memberikan keterangan pada setiap gambar yaitu apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; 2) Siswa memiliki kemampuan representasi simbol yang baik. Siswa mampu membuat model atau persamaan matematika dari soal teorema pythagoras; 3) Siswa memiliki kemampuan representasi verbal sangatlah baik. Hal ini terlihat dari hasil jawaban dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras, dimana siswa mampu mengkonstruksikan soal cerita dalam bentuk gambar dan mampu menyelesaikannya dengan tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Abdillah M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Representasi, High Order Thinking, Phytagoras |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 01:26 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 01:26 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1870 |
Actions (login required)
View Item |