Analaisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon

Temarwut, Nurhafia (2021) Analaisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NURHAFIA TEMARWUT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengetahuan dasar matematika adalah kemampuan paling awal seorang siswa dalam menyelesaikan soal-soal dasar matematika dengan meggunakan pemecahan masalah matematis, penalaran matematis, komunikasi matematis, koneksi matematis dan representasi matematis,. Adapun yang menjadi tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dasar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Ambon. Tipe dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memusatkan pada masalah-masalah aktual yang ditemukan saat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksankan di SMP Negeri 23 Ambon Kelas VIII dimulai dari tanggal 21 sampai dengan 27 Mei 2021. Dari 20 siswa terpilih 2 siswa yang diambil berdasarkan hasil tes yang diberikan. Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes dan wawancara. Indikator pengetahuan dasar matematika yang digunakan adalah pemecahan masalah matematis, penalaran matematis, komunikasi matematis, koneksi matematis dan representasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pemecahan masalah matematis terlihat siswa mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan dan menerapkan langkah-langkah, memahami masalah dengan membuat rencana masalah yang dikerjakan, membuat pelaksanaan penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil pekerjaannya sesuai dengan pengetahuan dasar matematikanya. Siswa menggunakan penalaran matematis dilihat dari siswa mampu membuat dan menyelidiki konjektur (dugaan, kesimpulan sementara) matematika dengan memikirkan penyelesaian soal, mengembangkan dan mengevaluasi argumen dan bukti secara matematis dengan menggunakan pengetahuan dasarnya. Komunikasi matematis terlihat siswa mampu mengekspresikan, memahami dan menginterprestasikan ide-ide dengan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika melalui lisan kepada peneliti secara baik dan benar. Koneksi matematis terlihat siswa mampu mengenal dan menggunakan keterhubungan diantara ide-ide matematika, memahami bagaimana ide-ide matematika dihubungkan dan dibangun satu sama lain sehingga bertalian secara lengkap, mengenal dan menggunakan matematika dalam konteks diluar matematika. Representasi matematis terlihat siswa mampu menerapkan penguasaan materi dan kemampuan dalam memahami, menyerap, menguasai, hingga mengaplikasikannya dalam menyelesaikan soal. Hal ini dapat dilihat bahwa pengetahuan dasar matematika siswa memenuhi indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd. / Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Dasar Matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:36
Last Modified: 14 Dec 2021 01:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item