Latuconsina, Rabea (2021) Model Discover Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri 42 Satap Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (7MB) |
|
Text
RABEA LATUNCOSINA.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Model discovery learning merupakan pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung dan pentingnya pemahaman struktur atau ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu, melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran sedangkan kemampuan representasi matematis adalah kemampuan menggunakan berbagai bentuk matematis untuk menjelaskan ide-ide matematis, melakukan translasi antar bentuk matematis, dan menginterpretasi fenomena matematis dengan berbagai bentuk matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menerapkan model discovery learning pada materi kubus dan Balok. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas {PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Satap Bum yang berjumlah 16 orang siswa. Berdasar hasil penelitian yang di peroleh bahwa, ada peningkatan melalui model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Satap Bum. Yakni, pada siklus I, = 50% dan pada siklus II persentase kemampuan representasi matematis siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 50% menjadi 81.25%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhammad Rijal, M.Pd, / Kasliyanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 01:41 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 01:41 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1874 |
Actions (login required)
View Item |