Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Kwaikamtelat, Warda (2021) Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
WARDA KHAIKAMTELAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Analisis Berpikir logis merupakan cara berpikir yang runtut, masuk akal dan berdasarkan fakta-fakta objektif tertentu. Berpikir logis juga dapat diartikan sebagai kemampuan siswa untuk menarik kesimpulan yang sah menurut aturan logika dapat membuktikan kesimpulan itu benar ( valid ) sesuai dengan pengetahuan – pengetahaun sebelumnya yang sudah diketahui. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Analisis Berpikir Logis Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah - langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Analisis berpikir logis siswa yang menjawab benar ( diwakili oleh S1 ), langsung dapat menggunakan informasi yang diberikan untuk menentukan langkah penyelesaian masalah, dapat munculkan simbol, dapat menyatakan hasil generalisasi dalam bentuk umum, yang kemudian mengunakan bentuk umum tersebut untuk menyelesaikan masalah serta menarik kesimpulan . Sedangkan Analisis berpikir logis siswa yang menjawab salah ( diwakili oleh S2 ) namu dapat memperbaiki kesalahanya yaitu dapat memahami masalah generalisasi sehingga siswa keliru dalam menentukan bentuk umum yang selanjutnya memperbaiki kesalahannya. Sehingga dapat memunculkan simbol melalui generalisasi dan menyatakan generalisasi tersebut kedalam bentuk umum yang benar . Kemudian menggunakan bentuk umum tersebut untuk menyelesaiakan masalah dan menarik kesimpulan yang valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dr. Patma Sopamena M.Pd. I, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:13
Last Modified: 14 Dec 2021 02:13
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item