Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII PPS Ishaka Ambon

Tasijawa, Antum (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII PPS Ishaka Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ANTUM TASIJAWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII PPS Ishaka Ambon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII PPS Ishaka Ambon tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 40 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 dan VII 2 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group designs. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksaan model pembelajaran dan tes yang berbentuk soal tes. Kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament ( TGT) kemampuan penalaran matematika pada materi aritmatika sosial siswa pada kelas VII PPS Ishaka Ambon tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai Signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi yang digunakan 0,05. Karena Sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan rata-rata kemampuan penalaran matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII PPS Ishaka Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Samad Umarella, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Kemampuan Penalaran Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:16
Last Modified: 14 Dec 2021 02:16
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item