Proses Berpikir Reflektif Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah geometri Soal Matematika Pada Materi Geometri

Mahulette, Bakri (2020) Proses Berpikir Reflektif Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah geometri Soal Matematika Pada Materi Geometri. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAKRI MAHULETTE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir reflektif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk ,menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan dengan tujuan untuk mengetahui proses berpikir reflektif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 14 September 2020 – 14 Oktober 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 45 Maluku Tengah. Teknik analisis data merujuk pada reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas, maka proses berpikir reflektif siswa kelas X MIA SMA Negeri 45 Maluku Tengah memenuhi indikator reaction, comparing, dan contemplating. Kedua siswa pada tahap reaction yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui, menulikan apa yang ditanya dan mampu menjelaskan apa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab yang ditanyakan. Namaun pada siswa 2 ada sedikit keliru pada tahap menulikan apa yang diketahui, tapi pada saat direfleksi kembali ternyata siswa 2 dapat menyelesaikannya dengan benar. Selanjutnya pada tahap comparing yaitu kedua siswa mampu menghubungkan masalah yang ditanyakan dengan masalah yang pernah dihadapi, kedua siswa mampu mengaitkan masalah yang ditanyakn dengan masalah yang pernah dihadapi. Selanjutnya pada tahap contemplating yaitu kedua siswa mampu menentukan penyelesaian atau solusi dari yang ditanyakan, kedua siswa mampu mendeteksi kesalahan penentuan jawaban, kemudian kedua siswa mampu memperbaiki dan menjelaskan jika terjadi kesalahan dalam menentukan penyelesaian masalah yang ditanyakan, kemudian siswa mampu membuat kesimpulan dengan benar. Sehingga kedua siswa tersebut memenuhi tiga indikator berpikir reflektif yaitu reaction, comparing, dan contemplating

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Proses, Berpikir Reflektif, Geometri
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:18
Last Modified: 14 Dec 2021 02:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item