Rumluan, Nurhajijah (2021) Memperkaya Pendidikan Matematika Dengan Seni Visual Geometri Islam. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (2MB) |
|
Text
NURHAJIJA RUMLUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi lingkaran berupa lembar kerja siswa (LKS) Matematika dengan seni visual geometri islam yang diperuntukkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dullah Laut. Pengembangan ini merujuk pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Define adalah tahap awal yang harus dimulai sebelum rancangan dan membuat media pembelajaran LKS itu sendiri, Design adalah tahap dihasilkan rancangan berupa media yang di susun berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ditemui pada tahap pendefinisian. Pada tahap ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan media yang akan dikembangkan, Develop adalah Rancangan LKS matematika kemudian dibuat dan dikembangkan. LKS matematika yang telah dibuat dan dikembangkan akan dinilai oleh para ahli/validator, Disseminate adalah Thiagarajan membagi tahap dissemention dalam tiga kegiatan yaitu: validation testing packaging, diffusion and adoption. Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh sebagai berikut: Tahap uji kevalidan yaitu penilaian oleh 2 orang ahli desain dan ahli materi. Rata-rata persentase penilaian diperoleh 70,6%, yaitu 71,2% dari ahli desain dan 70% dari ahli materi. Rata-rata penilaian ahli tersebut memenuhi kriteria “ valid”. Tahap uji kepraktisan yaitu dilakukan oleh dua orang pengamat mengikuti petunjuk yang terdapat pada format lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Rerata total 4,46 kriteria terlaksana dengan baik. Tahap uji keefektifan yaitu Tingkat kefektifan LKS diukur dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa dan angket respons, yang diisi oleh 24% siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kategori valid, efektif dan praktis sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Abdillah, M. Pd / Kasliyanto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Seni Visual, Geometrik Islam |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 02:27 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 02:27 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1884 |
Actions (login required)
View Item |