Keterampilan Berpikir Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Masalah High Order Thingking

Wali, Adina (2021) Keterampilan Berpikir Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Masalah High Order Thingking. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADINA WALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berpikir merupakan aktifitas berpikir yang tidak sekedar menghafal dan menyampaikan kembali informasi yang telah diketahui, tetapi kemampuan berpikir juga merupakan kemampuan mengkontruksi, memahami, dan mengtranvormasi pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki untuk dipergunakan dalam menentukan keputusan dan memecahkan suatu permasalah pada situasi baru dan hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir siswa SMK dalam menyelesaikan masalah high order thinking. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi pemberian soal tes dan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil tes berstandar high order thingking dan hasil wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas X C1 jurusan perkantoran SMK Negeri 1 Seram Bagian Timur terdiri dari 2 siswa yang memiliki keterampilan berpikir dalam menyelesaikan masalah high order thinking. Hasil penelitian ini menunjukan, pada indikator menganalisis subjek menganalisis informasi yakni dengan cara membagi-bagi informasi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya, dan mengidentifikasi/merumuskan pertanyaan dari masalah yang di temui. Indikator mengevaluasi yakni subjek memberikan penilaian terhadap solusi dan gagasa dengan menggunakan kriteria yang cocok, serta membuat hipotesis dan melakukan pengujian. dan indikator mengkreasi yakni merancang suatu cara untuk menyelesaikan masalah yang di temui. Karakteristik perbedaan dari subjek yang diteliti pada penelitian ini yaitu subjek pertama menggunakan representasi visual dalam merancang penyelesaian masalah high order thingking sedangkan subjek yang kedua menggunakan representasi non visual dalam merancang penyelesaian masalah high order thingking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Nurlaila Sahuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir, High order thingking
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:33
Last Modified: 14 Dec 2021 02:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item