Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku Dalam Memecahkan Masalah Relasi dan Fungsi

Karepesina, Sa'adia (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku Dalam Memecahkan Masalah Relasi dan Fungsi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan komunikasi peserta didik dapat di kembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan antara guru dan siswa ataupun kemampuan siswa dalam mengekspresikan bahasa matematika yang baik berupa angka, simbol, aljabar, gambar, grafik diagram maupun kata-kata. Pemecahan masalah merupakan suatu proses untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan menjadi target pembelajaran matematika, yang sangat berguna bagi siswa dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP negeri 5 pulau haruku dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP negeri 5 pulau haruku yang berjumlah 23 siswa, subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa, instrumen penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara, teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis. Yakni siswa mampu menggunakan bahasa matematika yang disajikan dalam bentuk lisan dan tulisan, penggunaan representasi matematika yang disajikan dalam bentuk tulisan ataupun visual dan menginterpretasikan ide-ide matematika menggunakan istilah atau notasi matematika. Yang dibuktikan dengan tes dan hasil wawancara sehingga menunjukan bahwa siswa menyelesaikan soal tes dan wawancara sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Matematika, Relasi dan Fungsi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Jan 2022 00:02
Last Modified: 06 Jan 2022 00:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item