Jejak Masalah Matematika Dasar Siswa MTs Al-Anshor Ambon

Samanery, Wilan (2021) Jejak Masalah Matematika Dasar Siswa MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
WILAN SAMANERY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi adanya penelitian ini adalah berdasarkan pernyataan seorang guru matematika sebagai berikut, “masalah yang sering saya hadapi berdasarkan pengalaman saya dari tahun ke tahun adalah masalah matematika dasar siswa pada jenjang sebelumnya yang sangat kurang”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana jejak masalah matematika dasar siswa MTs Al-Anshor Ambon. Jejak masalah matematika dasar siswa sendiri adalah sebuah penelusuran yang dilakukan kepada siswa yang mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan soal sehingga melakukan kesalahan. Tahap peneluruan jejak masalahan matematika dasar siswa diawali dengan pemberian soal yang berjumlah tiga nomor yang dimana memuat materi bilangan bulat dan pecahan untuk diselesaikan oleh siswa. Hasil dari pekerjaan siswa akan peneliti analisis untuk memperoleh subjek. Lagkah terakhir yang diadakan adalah wawancara untuk memperoleh jejak masalah matematika subjek. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: ditemukan jejak bahwa guru SD yang terkesan galak dimata siswa membuat siswa tidak nyaman untuk belajar matematika. Jejak yang lain adalah siswa tidak mengetahui pentingnya dari belajar matematika dan tidak ada perhatian dari orang tua untuk membuat jam belajar rutin di rumah. Hal-hal yang demikian secara otomatis membuat siswa tidak menguasai materi matematika yang telah diperoleh pada jenjang tersebut dengan baik. Sehingga masalah matematika dasar pada jenjang sebelumnya akan terbawah sampai dengan jenjang berikutnya. pada Jenjang SMP jejak masalah yang ditemukan rata-rata berkaitan dengan tidak adanya waktu untuk mengulang kembali materi yang telah diperoleh di rumah, disebabkan banyak mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. Hal ini manjadi faktor utama siswa mudah lupa dengan materi yang sudah diperoleh sehingga melakukan kesalahan pada saat menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Jejak Masalah, Matematika Dasar, Analisis Kesalahan, literasi Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 01 Mar 2022 22:56
Last Modified: 01 Mar 2022 22:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item