Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat

Thomia, Inda (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
INDA THOMIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif Tipe stad merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan mengunakan kelompok – kolompok kecil dengan anggota tiap kelomok 4-5 orang siswa secara heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dari penerapan meodel pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Kasuari dalam materi persamaan kuadrat Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa berdasarkan suatu tindakan yang sengaja di lakukan di dalam kelas, mulai dari merencanakan, melaksanakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IX SMP Kasuari tahun ajaran 2021/2022 terdiri dari 25 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini di lakukan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan untuk siklus I dan 2 kali pertemuan untuk siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I masih terdapat sebagian siswa kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi kemudian Siswa masih gaduh saat pembentukkan kelompok sedangkan pada siklus II siswa sudah memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi kemudian Siswa tidak gaduh lagi saat pembentukkan kelompok. dengan demikian hasil belajar siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II telah mengalami peningkatan, di lihat dari Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan juga meningkat, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas yaitu 9 orang dengan persentase 36%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu 20 orang dengan jumlah persentase 80%, Sehingga dapat di simpulkan bahwa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Kasuari terkhususnya dalam materi persamaan kuadrat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Djaffar Lessy, M.si.,Ph.D / Dinar Riaddin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Materi Persamaan Kuadrat.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:06
Last Modified: 02 Mar 2022 06:06
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item