Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs. Al-Irsyad Hutawa

Ubfan, Maani (2021) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs. Al-Irsyad Hutawa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAANI UBFAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran interaktif merupakan suatu pendekatan belajar yang merujuk pada pandangan konstruktivisme. Model belajar ini merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk berani mengungkapkan keingintahuannya dan ketidaktahuannya terhadap konsep yang sedang dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs. Al-Irsyad Hutawa pada materi aritmatika sosial setelah model pembelajaran interaktif. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Al-Irsyad Hutawa yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, perangkat tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah Angket kemampuan komunikasi matematika siswa, dan tes. Pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran model pembelajaran interaktif kelas VII MTs. Al-Irsyad Hutawa dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan siswa, hal ini ditandai dengan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pra siklus ke siklus I peningkatannya sebesar 23,44 dengan nilai rata-rata pada pra siklus 48,52 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata 71,96. Kemudian pada siklus I ke siklus II ada peningkatan yang signifikan sebesar 15,45 dengan nilai rata-rata siklus II 87,41.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Interaktif, Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika, Arimatika Sosial.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:10
Last Modified: 02 Mar 2022 06:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item