Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al Hilaal Morella

Latukau, Balda (2021) Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al Hilaal Morella. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BALDA LATUKAU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan perilaku peserta didik yang terjadi setelah mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan dalam domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Banyak pendekatan dan metode yang digunakan untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Kontekstual adalah model pembelajaran yang menghubungkan siswa dengan dunia nyata dan materi-materi yang guru ajarkan dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al Hilaal Morella. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK atau Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Hilaal Morella selama 1 bulan, yaitu pada tanggal 2 Agustus sampai 2 September 2021. Subjek dalam penelitian ini meliputi 23 siswa kelas VIII-b MTs Al-Hilaal Morella. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran Matematika pada konsep Lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs Al-Hilaal Morella. Pada tes awal (pra siklus) yang tuntas 8,69% (2 siswa) dan tidak tuntas 91,30% (21 siswa) dengan nilai rata-rata 44,05. Pada siklus I yang tuntas 69,57% (16 siswa) dan yang tidak tuntas 30,43% (7 siswa) dengan nilai rata-rata 71,15. Sedangkan pada siklus II berdasarkan jumlah siswa yang tuntas secara individual dan tuntas secara klasikal 100% (23 siswa) dengan nilai rata-rata 86,22%. Dengan demikian target penelitian telah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba, M.A / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, Lingkaran.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:17
Last Modified: 08 Mar 2022 02:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item