Evaluasi Keyakinan Siswa dalam Memecahkan Masalah PISA Shape and Space Kelas X.2B SMP Muhammadiyah Ambon

Letsoin, Kalsum (2021) Evaluasi Keyakinan Siswa dalam Memecahkan Masalah PISA Shape and Space Kelas X.2B SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
KALSUM LETSOIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keyakinan siswa dalam memecahkan masalah PISA shape and space Kelas X. 2B SMP Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan alami sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa ada manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan pertama data kualitatif tujuan untuk mengetahui keyakinan siswa dalam memecahkan masalah model PISA shape and space Kelas X.2B SMP Muhammadiyah Ambon. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan terhitung pada tanggal 10 Agustus 2021–10 September 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Ambon. Teknik analisis data merujuk pada reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa keyakinan siswa kelas X.2B SMP Muhammadiyah Ambon diperoleh bahwa siswa pada indikator pertama: Exploration tool/Data yaitu subjek mampu menyebutkan apa yang diketahui dalam soal, siswa mampu menyebutkan apa yang ditanyakan dalam soal, siswa mampu menyebutkan hubungan yang ditanya dengan yang diketahui, siswa mampu menjelaskan bahwa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab yang ditanyakan. Selanjutnya pada indikator kedua: Dukungan/Jaminan yaitu; siswa mampu menyampaikan argumen yang diberikan dari dugaan berdasarkan analisis pemecahan masalah antara argumentasi untuk menunjukkan kebenaran. Selanjutnya pada indikator ketiga yaitu; Kualifikasi secara kualitas memang sudah sesuai hanya saja yang membedakan antara kedua subjek tersebut adalah S1 menarik kesimpulan dari hasil pembuktianya pada soal satu sedangken soal ke dua bagian a tidak ada kesimpulan sementara bagian b ada kesimpulan, kemudian S2 pada soal kedua bagian b ada kesimpulan. Sehingga dapat diduga kedua subjek tersebut memenuhi 3 indikator keyakinan yaitu; Exploration tool/Data Dukungan/Jaminan dan Kualifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M. Pd / Fahruh Juhaevah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keyakinan, Pemecahan Masalah PISA, Shape and Space
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:02
Last Modified: 09 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item