Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dikelas VII MTs Al-Anshor Ambon

Noya, Sulastri Saribanun (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dikelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SULASTRI SARIBANUN NOYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran matematika realistik adalah pendekatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan menempatkan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Selanjutnya siswa diberi kesempatan mengaplikasikan konsep-konsep matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi himpunan melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik dikelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Tipe penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitusoal tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Anshor Ambon pada semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini di lakukan selama 3 minggu, yaitu pada Tanggal 08 Juni sampai dengan tanggal 26 Juni 2021 dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi himpunan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas VII MTs Al-Anshor Ambon, berdasarkan hasil evaluasi tes awal 4 siswa yang dinyatakan tuntas (25%) dan15 siswa belum tuntas (93,75%), data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar siswa belum tuntas maka perlu di lakukan kegiatan tindakan kelas. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I siswa tidak tuntas7 siswa (43,75%) dan 9 siswa (56,25%) tuntas, hasil tersebut masih kurang dari 90%, sehingga perlu untuk dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus II, di ketahui sebanyak 15 siswa (93,75%) dinyatakan tuntas yang mencapai kategori peningkatan hasil belajar siswa, dan 1 siswa (25%) dinyatakan tidak tuntas. Jadi hasil belajar siswa dijumlahkan telah memperoleh skor ≥ 66 secara individual dan skor 93,75% secara klasikal, mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 93,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Afriani Nukuhaly, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:59
Last Modified: 11 Mar 2022 01:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item