Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 66 Maluku Tengah

Talaohu, Sitna (2021) Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 66 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITNA TALAOHU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Blended learning adalah model pembelajaran yang mengkombinasikan antara face to face learning dan online learning. Model blended learning dikembangkan dengan menggunakan aplikasi facebook sebagai sarana pembelajaran online dan face to face Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 21 siswa. mendapat treatmen belajar menggunakan pembelajaran Blended Learning. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data ialah intrumen tes, dan observasi. Untuk instrument tes dan dianalisis secara statistik menggunakan program SPSS dan instrument data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ini dipengaruhi oleh hasil kognitif siswa dengan pembelajaran Blended Learning sebelum diberikan perlakuan, nilai rata - rata pretest hasil belajar kognitif siswa untuk kelas VIII A yaitu sebesar 8,04 kemudian setelah diberikan perlakuan nilai rata - rata posttest hasil belajar kognitif siswa untuk kelas VIII A sebesar 71,79. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai Signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi yang digunakan 0,05. Karena Sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, Selanjutnya dari pengujian hipotesis untuk melihat pengaruh dari penggunaan pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan membandingkan hasil pretest dan posttest maka di uji menggunakan uji N-Gain score diperoleh nilai 0,7 atau berada pada kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd, / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Persamaan Garis Lurus
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:31
Last Modified: 11 Mar 2022 06:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item