Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras

Kalidupa, Arifin (2021) Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARIFIN KALIDUPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras di SMP Negeri 4 Kepulauan Manipa. Tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian berlangsung dari tanggal 3 Juli – 3 Agustus 2021. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang menjawab benar dan memenuhi karakteristik kemampuan representasi matematis. Dari 4 orang tersebut diambil 2 orang sebagai perwakilan untuk dianalisis hasil kerjanya yakni OK yang disebut S1 dan YPS yang disebut S2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, pedoman wawancara, catatan lapangan dan alat perekam. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data mengacu pada penelitian kualitatif yaitu Reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa siswa dalam proses penyelesaian soal tes berupa soal cerita, siswa menjawab benar dan memenuhi karakteristik kemampuan representasi matematis yakni siswa mampu menggunakan gambar/grafik untuk menyelesaikan masalah yang diberikan (Representasi Gambar); siswa juga mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau bahasa verbal (Representasi Verbal); dalam hal ini siswa mampu menggunakan bahasa verbal dengan merubah kalimat-kalimat inti yang terdapat pada soal kedalam bentuk simbolik, serta siswa juga mampu merepresentasi simbol, dimana siswa mampu menangkap informasi berdasarkan gambar yang telah dibuat kemudian direpresentasikan dalam bentuk simbol (Representasi Simbol); dalam hal ini untuk mencari sisi miring pada sebuah segitiga maka siswa menggunakan ide - ide matematisnya yang kemudian direpresentasikan dalam bentuk rumus teorema Pythagoras. Terdapat perbedaan penyelesaian masalah pada proses pembuatan gambar siswa pertama dengan siswa kedua, yakni pada penempatan posisi dari kedua buah tiang yang terdapat pada soal. Diamana siswa pertama memisalkan tiang CD sebagai Tiang terpanjang, sementara siswa kedua menempatkan tiang AB sebagai tiang terpanjang, sehingga bentuk gambar siswa kedua seakan merupakan refleksi dari gambar siswa pertama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd / Gamar Assagaf, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Teorema Pythagoras
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:32
Last Modified: 14 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item