Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon

Sampulawa, Arifa (2021) Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi terbaik terhadap kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19. Pada masa pandemi Covid-19 ini kenyataannya proses pembelajaran SMP Al-Wathan Ambon dilaksanakan dalam jaringan secara daring karena pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka karena adanya larangan mengumpulkan peserta didik dengan alasan keamanan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon dan untuk mengetahui besar hubungan pembelajaran daring terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal tanggal 8 Hasil sampai dengan tanggal 8 Juli 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Wathan Ambon kelas VIII-3 dengan sampel 24 orang. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui angket, diolah dengan menggunakan skala Likert kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan pembelajaran daring dengan hasil belajar biologi di kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Hal ini dilihat dari hasil analisis Korelasi Product Moment antara variabel X dan variabel Y pada taraf nyata 5% dan nilai rhitung = 0,833 lebih besar dari rtabel 5% = 0,423. Besarnya hubungan pembelajaran daring dengan hasil belajar biologi di kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon sebesar 69,39%, yang diperoleh dari 0,8332 x 100 sedangkan 30,61 ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Hj. Cornelia Pary, M. Pd / Pembimbing II : Nana Ronawan Rambe, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Mar 2022 00:00
Last Modified: 15 Mar 2022 00:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item