Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Yusni, Yusni (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Kooperatif tipe coop-coop merupakan model pembelajaran kooperatif yang berorientasi pada tugas pembelajaran dan siswa mengandalkan apa dan bagaimana mempelajari bahan yanag harus ditugaskan kepada mereka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe coop-coop dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe coop-coop dalam upaya meningkatkan pemahaman matematis siswa SMP. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe coop-coop siswa dapat memahami materi lebih mudah dan pembelajaran lebih efektif dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe coop-coop dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar pada kelas Eksperimen yakni nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 72. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe coop-coop pada siswa kelas VIII SMP BPD Kotania dapat disimpulkan ada 8 siswa (40%) yang memperoleh nilai dengan predikat baik, 10 orang siswa (50%) yang memperoleh nilai dengan predikat cukup, 2 orang siswa (10%) memperoleh nilai dengan predikat kurang. Uji analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai pre-tes dengan nilai post-tes pada kelas eksperimen. nilai perbedaan rata-rata 43,5 poin dimana rata-rata nilai post-tes lebih tinggi 43,5 poin dari rata-rata nilai pre-tes. Artinya, terjadi peningkatan rata-rata nilai persamaan garis lurus siswa yang signifikan setelah belajar materi persamaan garis lurus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe coop-coop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Yusrianti Hanike, M. Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop, Statistik
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:03
Last Modified: 15 Mar 2022 02:03
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item