Wambes, Surahmi (2021) Analisis Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Di Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (5MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan koneksi matematika adalah hal yang penting untuk siswa namun siswa yang menguasai konsep matematika tidak dengan sendirinya pintar dalam mengoneksikan matematika. Koneksi matematika tidaklah terpartisi dalam berbagai aspek yang saling terpisah, namun matematika merupakan satu kesatuan. Pemecahan masalah (problem solving) adalah suatu keterampilan seorang siswa dalam menggunakan proses berpikirnya untuk memecahkan masalah melalui pengumpulan fakta, analisis informasi dan menyusun berbagai alternative pemecahan masalah dan memilih pemecahan masalah yang paling efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi dan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar dalam penelitian ini yang dianalisis adalah siswa yang memenuhi kerakteri kemampuan koneksi dan pemecahan masalah terbaik dan memperoleh nilai tertinggi pada pelaksanaan tes penentuan sabjek. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 16 Agustus 2021 – 16 September 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Teknik analisis data merujuk pada reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon yang diwakili oleh S1 dan S2 telah memenuhi tiga indikator koneksi matematis dan empat indikator pemecahan masalah matematis. Indikator koneksi, menyadari hubungan antar topik dalam matematika diketahui dari kemampuan menentukan yang diketahui dan ditanya, menentukan hubungan antara panjang kawat dengan panjang dan lebar persegi panjang. menerapkan konsep dan prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru diketahui dari kemampuannya menerapkan rumus kemudian menyelesaiakan soal. menyelesaikan masalah dengan menggunakan grafik, hitungan numerik, aljabar, dan representasi verbal diketahui dari kemampuannya menguraikan rumus keliling persegi panjang dan luas persegi panjang dan membuktikan hasil akhir yang diperoleh. Selanjutnya indikator pemecahan masalah, memahami masalah diketahui dari kemampuan menuliskan yang diketahui dan yang ditanya. indikator membuat rancangan pemecahan masalah diketahui dari kemampuan membuat pemisalan dalam soal bentuk aljabar dan menjelaskannya. indikator melaksanakan rancangan pemecahan masalah diketahui dari kemampuan menyelesaikan soal yang dibuat kemudian menjelaskan kembali tiap-tiap langkah penyelesaian dan indikator mengecek kembali hasil diketahui dari memeriksa kembali tiap-tiap langkah penyelesaian dari awal sampai akhir untuk membuktikan kebenaran hasil akhir yang diperoleh. Serta membuat kesimpulan dengan benar dan tepat. Sehingga siswa memenuhi 3 indikator koneksi dan 4 indikator pemecahan masalah yaitu menyadari hubungan antar topik dalam matematika, menerapkan konsep dan prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, menyelesaikan masalah dengan menggunakan hitungan numerik, aljabar dan representasi verbal, memahami masalah, membuat rancangan pemecahan masalah, melaksanakan rancangan pemecahan masalah, dan memeriksa hasil kembali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Aljabar |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 05:26 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 05:26 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
View Item |