Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Menurut Bruner pada Materi Aritmatika Sosial Pokok Bahasan Untung dan Rugi Kelas VII MTs Muhammadiyah Amaholu

Bahali, Atiani (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Menurut Bruner pada Materi Aritmatika Sosial Pokok Bahasan Untung dan Rugi Kelas VII MTs Muhammadiyah Amaholu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.PDF

Download (5MB)
[img] Text
ATIANI BAHALI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelaiaran yang berorientasi pada intensitas keterlibatan siswa secara efektif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran penemuan menurut Bruner adalah suatu model pembelajaran di mana dalam proses pembelajaran guru memperkenankan siswanya untuk menemukan sendiri, mengarahkan sendiri, mencari sendiri, menyelidiki sendiri konsep dan prinsip dari pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan basil belajar siswa melalui model pembelajaran penemuan menurut Bruner pada materi aritmetika sosial pokok bahasan untung dan rugi kelas VII MTs Muhammadiyah Amaholu. Penelitian ini merupakan Penelitian ,Tindakan Kelas {PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), .dan refleksi, Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai dari tanggal 7 Maret 2018 sampai dengan tanggal 7 April 2018. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIl MTs Muhammadiyah Amaholu yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan. berupa tes dan non-tes berupa lembar observasi, serta data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran penemuan menurut Bruner pada materi aritmatika sosial pokok bahasan untung dan rugi kelas VII Mts Muhammadiyah Amaholu. Hal ini ditandai dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum pemberian tindakan adalah sebesar 7,69% (2 dari 26 siswa), setelah diberi tindakan jumlah tersebut meningkat sebesar 65,39% pada siklus I menjadi 73,08% (19 siswa dari 26 siswa), dan kembali meningkat sebesar 15,38% pada siklus II menjadi 88,46% (23 dari 26 siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nurlaila Wattiheluw, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Penemuan, Materi Aritmatika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:50
Last Modified: 16 Mar 2022 03:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item