Penerapan Metode Mind Mapping Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon

Wally, Hasmia (2021) Penerapan Metode Mind Mapping Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HASMIA WALLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Metode Mind mapping atau pemetaan pemikiran merupakan cara kreatif bagi setiap pembelajar untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari, atau merencanakan tugas baru. Setiap siswa mempunyai kemampuan pemahaman konsep pada materi bilangan bulat yang berbeda, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman konsep pada materi bilangan bulat menurut Djumanta keterampilan dasar yaitu bilangan merupakan suatu ide yang bersifat abstrak yang akan memberikan keterangan mengenai banyak suatu kumpulan benda. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dan berapakah besar pengaruh metode Mind Mapping dengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi bilangat bulat di kelas VII MTs. Al-Ansahor Ambon. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Anshor Ambon, yaitu pada tanggal, 9 April sampai tanggal 29 April 2021. Diambil siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat yang paling rendah untuk dijadikan sebagai sampel penelitian, yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII, dengan banyanya siswa 19 orang siswa. Pada awalnya diberikan tes awal untuk menentukan kelompok secara heterogen. Setelah tes awal diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode mind maping, dan setelah pembelajaran diberikan, tes akhir untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep pada materi bilangan bulat, setelah belajar dengan menggunakan Metode mind maping. Berdasarkan pemahaman konsep menunjukan bahwa terdapat pengaruh Metode mind maping, terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas VII MTs. Al-Anshor Ambon. Dan berdasarkan hasil pembelajaran tersebut siswa kelas VII MTs Al-Anshor Ambon, memiliki nilai tertinggi 73%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Abdillah, M.Pd, / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Maping, Alat Peraga, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:57
Last Modified: 17 Mar 2022 01:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item