Perbandiangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Whatsapp dan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon

Siolimbona, Delima (2021) Perbandiangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Whatsapp dan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon yang terdiri dari 2 kelas yang terdiri dari 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sampel random sampling, sehingga dari kedua kelas ini dipilih secara acak dan terpilih adalah siswa kelas XI Mia yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran problem based learning bantuan whatsapp dan siswa kelas XI Iis yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas Kontrol dengan penerapan model pembelajaran problem based learning bantuan facebook. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelas tersebut. Yaitu kelas eksperimen (pre tes) sebesar 32,50dan (post test) sebesar 85,00sedangkan pada kelas kontrol (pre test) sebesar 30,42dan (post test) sebesar 80,85. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan uji Independent Samples T Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,123 >0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran problem based learningbantuan whatsappdan facebook materi logika matematika pada siswa kelas XI MA Nurul Iklhas Ambon. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial dengan uji N-Gain adalah selisih antara nilai posttest dan pretest. Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang terdapat dikelas eksperimen sebesar 75,44, dan kelas kontrol sebesar 70,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning bantuan whatsapp danfacebook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa MA Nurul Ikhlas Ambon. Dengan kata lain penerapan model pembelajaran problem based learningbantuan whatsappdanfacebook saat di aplikasikan maka sama-sama memiliki kemampuan yang sama artinya, pengaplikasian metode online pada pembelajaran membuat hasil belajar siswa berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: PEmbimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Yusrianti Hanike, M. Si
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Whatsapp, Facebook, Media Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:04
Last Modified: 18 Mar 2022 01:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item