Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran BIologi di Madrasah Nurul Ikhlas Ambon

Kaisupy, Jihan Khairani (2021) Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran BIologi di Madrasah Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JIHAN KHAIRANI KAISUPY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran termasuk biologi saat ini, tidak dilakukan seperti biasanya (tatap muka) dikarenakan adanya pandemic covid-19. Pandemic COVD-19 menyebabkan krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal ini juga menyatakan bahwa banyak Negara yang menutup sementara sekolah dan lembaga pedidikan lainnya untuk mencegah penyebaran virus corona dalam lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di Madrasah Nurul Ikhlas Ambon. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran dan fenomena yang terjadi tentang persepsi siswa kelas X terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa Di Madrasah Nurul Ikhlas Ambon. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dimulai dari tanggal 22September – 22 Oktober 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara melalui apilikasi whatsapp dan dokumentasi serta pembagian instrumen berupa angket. Hasil penelitian diketahui bahwa mayoritas siswa kelas X Madrasah Nurul Ikhlas Ambon memiliki persepsi negatif terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi. Hal ini dikarenakan siswa kelas X MA Nurul Ikhlas Ambon, pada saat dimulainya pembelajaran daring terutama pada materi biologi, siswa tidak bersemangat dan cepat bosan serta mudah ngantuk saat belajar. Cara penyampaian materi biologi yang dianggap kurang menarik bagi siswa serta banyak tugas mencatat yang disuruh guru untuk siswa, hal ini yang membuat siswa males belajar dan mencatat, pendapat siswa mengenai pembelajaran daring kurang efektif karena terdapat kendala-kendala yang dihadapi siswa saat pembelajaran daring adalah jaringan yang lambat, banyak menghabiskan kuota internet, dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru kurang maksimal untuk diterima. Sedangkan pada pernyataan positif yaitu walaupun pembelajaran biologi secara daring tetapi siswa tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran, guru selalu membuat siswa untuk mengerjakan tugasnya secara mandiri dan apabila ada materi yang tidak difahami guru akan selalu menyuruh siswa nya untuk bertanya, dan untuk mencegah penyebaran virus corona. Solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran daring adalah guru harus membagi siswa membentuk beberapa kelompok agar mencegah penularan covid-19 dan melakukan 2 kali pertemuan dalam satu minggu agar guru bisa mengetahui permasalahan yang dialami siswa saat pembelajaran daring dan guru bisa menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Laila Sahubuawa, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Terhadap Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Mar 2022 05:59
Last Modified: 18 Mar 2022 05:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item