Penerapan Model Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pola Bilangan Siswa Kelas VIII MTs LKMD Yaputi

Bole-Boly, Siti Rukmana (2021) Penerapan Model Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pola Bilangan Siswa Kelas VIII MTs LKMD Yaputi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SITI RUKMANA BOLE BOLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran RME adalah pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subyek yang aktif dalam kegiatan belajar mandiri atau diskusi kelompok, menyampaikan ide dan menjawab pertanyaan, memperhatikan lingkungan belajarannya serta mampu mengungkapkan kembali pengetahuan yang dimiliki melalui presentasi. Sehingga masalah yang diangkat disini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran RME terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs LKMD Yaputi. Kemudian tujuan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran RME terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs LKMD Yaputi. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menurut Kemmis dan Mc Tanggart serta keterlibatan peneliti dalam memperoleh data-data lapangan. Yang dilaksanakan terhitung sejak 1 bulan pada semester Genap tahun ajaran 2020-2021 yaitu sejak tanggal 16 Agustus 2021 sampai tanggal 16 September 2021di kelas VIII MTs LKMD Yaputi Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah sebanyak 20 orang siswa, dengan instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan angket, yang kemudian dianalisis untuk memperoleh nilai akhir (NA) dengan berpatokan dengan sistem penilaian dalam K13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran RME dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi pola bilangan di kelas VIII MTs LKMD Yaputi. Hal tersebut ditandai dengan jumlah siswa yang dikatakan berminat sebelum pemberian tindakan masuk kategori kurang berminat sedangkan pada siklus I juga ditemukan keseluruhan masuk ketegori berminat namun dari jumlah kriteria tergolong kurang berminat, sedangkan pada siklus II dikatakan berhasil karena keseluruhan masuk kategori sangat berminat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran RME, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:27
Last Modified: 18 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item