Identifikasi Konflik Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Pecahan

Hasri, Irma (2021) Identifikasi Konflik Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Pecahan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Konflik kognitif merupakan ketidakseimbangan struktur kognitif yang terjai pada diri seorang siswa terhadap apa yang baru dipelajari dengan yang siswa dapatkandari lingkungan misalnya buku, internet, teman, dan guru . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identifikasi konflik kognitif siswa dalam menyelesaikan materi bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah jenis penelitian yang hasil penelitiannya dikumpulkan dengan kata – kata , gambaran dan bukan dengan angka. Subjek pada penelitian ini diambil dari siswa kelas VII SMP PGRI Banda Naira yang diberikan 2 kali tes, tes pertama dilakukan keseluruhan siswa kemudian peneliti memilah siswa yang memenuhi indikator konflik kognitif terdiri dari 3 orang siswa mengalami konflik kognitif konstruktif, 3 orang siswa mengalami konflik kognitif destruktif, dan 7 orang siswa mengalami konflik kognitif tak berarti . Kemudian diberikan soal tes ke 2 dengan menggunakan think alouds dan diwawancarai kemudian diambil 3 orang sebagai perwakilan subjek yang memenuhi indikator konflik kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa memenuhi indikator konflik kognitif konstruktif yakni dapat mendeteksi keadaan konflik (siswa mengetahui permasalahan yang akan siswa hadapi), dan mengatasi konflik hingga mencapai penyelesaian yang bermakna, konflik kognitif desdruktif yakni siswa mampu mendeteksi keadaan konflik namun tidak dapat mengatasi konflik tersebut, dan konflik kognitif tak berarti siswa tidak menyadari adanya konflik dan hanya menyelesaikan apa yang diketahui dalam soal saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I, M.Pd / Rusmin Madia M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konflik kognitif, bilangan pecahan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:46
Last Modified: 26 Oct 2022 00:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item