Proses Abstraksi Reflektif Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Kongruensi Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi

Kumkelo, Saida (2022) Proses Abstraksi Reflektif Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Kongruensi Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Abstraksi Reflektif (Reflective Abstraction) adalah suatu konsep yang dikenalkan oleh Piaget untuk menjelaskan konstruksi struktur logika matematika seseorang dalam pengembangan kognitif pada saat mempelajari suatu konsep. Kata “abstraksi (abstraction)” mempunyai dua arti, pertama proses menggambarkan suatu situasi, dan kedua merupakan konsep sebagai hasil dari sebuah proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses abstraksi reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah kongruensi berdasarkan asimilasi dan akomodasi kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang memiliki kemampuan dalam proses abstraksi reflektif dari hasil tes, siswa yang diambil adalah siswa-siswa yang mampu memenuhi indikator proses abstraksi reflektif. Teknik pengumpulan data yaitu soal tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun tempat penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon. dan waktu penelitian dilakukan dari tanggal 31 Mei - 01 Juli 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses abstraksi reflektif siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon dalam menyelesaikan masalah kongruensi berdasarkan asimilasi dan akomodasi dapat memenuhi indikator proses abstraksi reflekti yaitu: (1). Interiorisasi (Interiorization), (2). Koordinasi (Coordination), (3). Enkapsulasi (Encapsulation), (4). Generalisasi (Generalization). Berdasarkan dari proses kedua siswa terdapat perbedaan antara kedua siswa tersebut yang berada pada indikator koordinasi yang mana siswa AT saat melakukan tahap koordinasi siswa AT mengerjakan berdasarkan asimilasi sedangkan siswa IPK saat mengerjakan tahap koordinasi IPK mengerjakan berdasarkan asimilasi juga akomodasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd, / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Abstraksi Reflektif, Kongruens, Asimilasi, Akomodasi.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Oct 2022 05:56
Last Modified: 26 Oct 2022 05:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item