Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs dalam Memecahkan Masalah Perbandingan

Risahondua, Ratna Sari (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs dalam Memecahkan Masalah Perbandingan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Lampiran lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berpikir kritis dalam pembelajaran matematika sangatlah penting untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah perbandingan pada siswa kelas VII4 MTs Negeri 1 Maluku Tengah. Tipe penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian berlangsung mulai dari tanggal 20 Desember 2021 sampai dengan 20 Januari 2022. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang siswa, keduanya mempunyai perbedaan dalam menyelesaikan masalah. subjek S1 mewakili siswa yang menjawab dengan baik dan memenuhi indikator berpikir kritis. Sedangkan subjek S2 mewakili siswa yang salah menuliskan angka, namun saat wawancara siswa dapat menyadari dan memperbaikinya dengan baik sehingga memenuhi indikator berpikir kritis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes dan wawancara. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan terjadi proses kemampuan berpikir kritis pada kedua siswa, yakni pada indikator interpretasi, siswa memahami masalah yang ditunjukkan dengan menulis yang diketahui dan ditanyakan soal dengan tepat. Indikator analisis, siswa menentukan rencana penyelesaian soal dengan membuat model matematika dari perbandingan senilai maupun perbandingan berbalik nilai. Indikator Evaluasi, siswa dapat menuliskan langkah-langkah menyelesaikan soal dari rencana yang sudah ditentukan sebelumnya dengan melakukan perhitungan dengan baik dan benar. Indikator Inferensi, siswa dapat menuliskan penarikan kesimpulan yang tepat sesuai apa yang ditanyakan soal. Indikator Eksplanasi, siswa dapat menjelaskan secara logis berdasarkan kesimpulan yang di dapat. Indikator Regulasi diri, siswa dapat memonitor pengetahuan kognitifnya serta memeriksa dan memperbaiki kembali hasil dari penyelesaian yang telah dikerjakan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Materi Perbandingan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:41
Last Modified: 27 Oct 2022 01:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item View Item