Penalaran Induktif Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon

Novianty, Indry (2021) Penalaran Induktif Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penalaran induktif siswa dalam pemecahan masalah relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Al – Wathan Ambon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan di SMP AL- Wathan Ambon terhitung dari tanggal 19 Februari sampai dengan tanggal 19 Maret 2021. Subjek penilitian ini adalah berjumlah 2 orang siswa, Proses pengambilan subjek berdasarkan hasil kerja siswa yang memenuhi indikator penalaran induktif yang diperoleh pada saat melakukan tes. Dari hasil data jenuh tersebut diambil dua orang siswa dari jumlah 3 orang tersebut yang mampu menyelesaikan soal berdasarkan indikator penalaran induktif dan mampu untuk mengungkapkan apa yang dipertanyakan peneliti. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, wawancara. disimpulkan bahwa proses penalaran induktif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon memenuhi enam indikator penalaran induktif dan tahapan-tahapan dalam pemecahan masalah. Karakteristik penalaran induktif siswa memiliki struktur yang lengkap karena memenuhi tahapan-tahapan dalam pemecahan masalah. Ketika proses pembuktian dalam memahami masalah, mengelola data, mencari dan menduga pola, menduga rumus, validasi dugaan berdasarkan data dan generalisasi telah dilakukan oleh siswa. Namun terdapat siswa yang memiliki kekurangan pada saat melakukan penalaran induktif dalam pemecahan masalah karena ketika menyelesaikan masalah siswa tidak dapat melakukan validasi dugaan berdasarkan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Afriani Nukuhaly, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penalaran Induktif Siswa, Pemecahan masalah relasi dan fungsi siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 31 Oct 2022 00:56
Last Modified: 31 Oct 2022 00:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item