Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa

Dino, La (2022) Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika adalah cara untuk menyampaiakan ide-ide pemecahan masalah, strategi maupun solusi matematika secara tertulis maupun lisan yang disampaikan guru pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan kemandirian belajar siswa pada materi statistika di SMP Negeri 4 Huamual Belakang kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran matematika berdasarkan kemandirian belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 4 Huamual Belakang. Dengan subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang diambil berdasarkan indikator kemandirian belajar subjek tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran matematika berdasarkan kemandirian belajar siswa pada materi statistika di SMP Negeri 4 Huamual Belakang, yang dibuktikan dengan hasil angket, tes, dan didukung dengan hasil wawancara. Angket diberikan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa, sedangkan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa dilakukan tes dan wawancara. Sehingga menunjukan bahwa kemandirian belajar subjek tinggi (T), kemandirian belajar subjek rendah (S), dan kemandirian belajar subjek (R) sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi siswa yang diujikan, hal ini ditandai dengan hasil pengisihan angket dalam pengelompokan subjek, serta hasil penyelesaian soal yang dikerjakan oleh ketiga subjek sesuai dengan apa yang ditanyakan. Selain, itu hasil tes dan wawancara sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Statistika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 04 Nov 2022 00:55
Last Modified: 04 Nov 2022 00:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item