Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Pada Materi Pola Bilangan Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Soulisa, Norma (2022) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Pada Materi Pola Bilangan Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Model Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan mengajar dan kerjasama untuk sampai pada pengalaman belajar yang optimal baik pengalaman individu maupun kelompok. Pendidikan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika di Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Tipe penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negri 23 Ambon pada semester 1 Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan selama 3 minggu yaitu pada tanggal 09 Juni – 09 Juuli 2022 dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatran hasil belajar siswa pada materi pola bilangan dengan mengggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon, berdasarkan hasil evaluasi tes awal 4 siswa yang dinyatakan tuntas (20%) dan 16 siswa belum tuntas (80%) data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar siswa belum tuntas maka perlu dilakukan kegiatan tindakan kelas. Berdasrkan hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I siswa tidak tuntas 10 siswa (50%) dan 10 siswa (50%) tuntas hasil tersebut masih kurang dari 90%, sehingga perlu untuk dilanjutkan pada siklus 2, Setelah dilakukan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus 2, diketahui sebanyak 19 siswa (95%) dinyatakan tuntas yang mencapai kategori peningkatan hasil belajar siswa, dan 1 siswa (5%) dinyatakan tidak tuntas. Jadi hasil belajar siswa dijumlahkan telah memperoleh ≥ 65secara individual dan skor 95% secara klasikal, mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 50% dan Siklus II sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:41
Last Modified: 09 Nov 2022 02:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item