Rumeun, Norma (2022) Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Edukatif Terhadap Hasil Belajar Siwa Kelas VII Pada Materi Aritmatika. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN PERTAMA.pdf Download (928kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). untuk mengetahui apakah pendekatan edukatif signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial, 2). Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran edukatif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian adalah selutuh siswa kelas VII SMP PGRI Belis sebanyak 40 siswa. sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, sebanyak 2 kelas yaitu kelas A sebagai kelas kontrol (20 siswa) dan kelas B sebagai kelas eksperimen (20 siswa) teknik pengumpulan data dengan tes untuk melihat hasil belajar kognitif siswa, observasi untuk mengamati aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran sebagai upaya untuk mengetahui kesesuian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Data aktifitas diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktifitas siswa dan guru dan dokumentasi sebagai bukti telah melakukan penelitian. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir berupa soal pilihan ganda untuk melihat keefektivan penggunaan pendekatan pembelajaran edukatif terhadap hasil belajar siswa kelas VII dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa rata- rata hasil tes belajar siswa kelas eksperimen sebesar 59,2 sedangkan pada kelas kontrol 42,4. Sedangkan berdasarkan uji independent sampel test diperoleh bahwa hasil belajar diketahui bahwa hasil belajar nilai sig. (2-tailed) < signifikansi yaitu 0,025 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima, sehingga terdapat keefektifan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran edukatif dengan hasil belajar kognitif siswa menggunakann pendekatan konvensional. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran edukatif cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa dan pendekatan pembelajaran edukatif cukup efektif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Muhammad Rijal, M.Pd / Yusrianti Hanike, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pendekatan Pembelajaran Edukatif, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 00:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 00:54 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2585 |
Actions (login required)
View Item |