Wali, Nur Samin (2022) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan Open-Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X-1 MAN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN PERTAMA, BAB I,III,V.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I-V.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi system persamaan linear tiga variabel dengan menerapkan pendekatan Opend-ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapan pendekatan Opend-ended diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi system persamaan linear tiga variabel dikelas X-1 IMIA MAN Ambon dengan subjek sebanyak 23 orang siswa dengan komposisi perempuan 13 orang dan laki-laki 10. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini setelah dianalisis menunjukan bahwa dengan menerapkan pendekatan Opend-Ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-I MIA 1 MAN Ambon. Besarnya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dimulai dari tahap prasiklus siswa yang berpikir kreatif sebanyak 2 orang di antaranya 2 orang siswa berada pada kategori kreatif dengan persentase 8,70%. Peningkatan pada siklus I siswa yang berpikir kreatif sebanyak 13 orang diantaranya 9 orang berada pada kategori kreatif dan 4 orang siswa berada pada kategori sangat kreatif dengan persentase 56,52% atau dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 72,17, besarnya peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 adalah 47,82%. Peningkatan pada siklus II siswa yang berpikir kreatif sebanyak 20 di antaranya 13 orang berada pada kategori kreatif dan 7 orang berada pada kategori sangat kreatif dengan persentase sebesar 86,96% atau dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 89,74, besarnya peningkatan yang terjadi dari siklus 1 ke siklus II adalah 30,44%. Hal ini sejalan dengan Aktivitas siswa pada siklus I terdapat beberapa kekurangan yaitu, siswa masih merasa malu dalam mengeluarkan pendapatnya, malu untuk bertanya, kurangnya pengontrolan di dalam kelas pada saat pembelajaran kelompok berlangsung. Sedangkan pada siklus II siswa sudah tidak merasa malu lagi dalam mengungkapkan gagasannya atau pendapatnya, siswa sudah mulai terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak berjalan satu arah yaitu dari guru ke siswa dan pengontrolan kelas serta pemanfaatan waktunya sudah dilakukan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Abdillah, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Opend-Ended, Berpikir Kreatif, System persamaan linear Tiga variabel |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 01:04 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 01:04 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
View Item |