Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas VIII Mts. Muhammadiyah Nusa Puan

Hitimala, Abdullah (2022) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas VIII Mts. Muhammadiyah Nusa Puan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa secara nyata setelah dilakukan proses belajar mengajar yang sesuai tujuan pengajaran. Usaha yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode yang menarik seperti metode ceramah dan penugasan. Namun, hasil belajar yang diperoleh belum maksimal. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga merupakan cara yang paling efektif dalam mengajar karena Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga menawarkan ide baru tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik serta yang menjanjikan bagi siswa dan mendukung mereka dalam proses pembelajaran agar tidak ada siswa yang bersifat pesimis karena diberi kesempatan yang sama dalam setiap tahap belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di MTs Muhammadiyah Nusa Puan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT). Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK berguna untuk meningkatkan profesionalisme guru, penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 11 Oktober 2021 - 11 November 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Nusa Puan. Teknik analisis data merunjuk pada analisis data hasil observasi dan data hasil tes. Instrumen penilitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi relasi dan Fungsi di MTs Muhammadiyah Nusa Puan. Hal ini dapat dilihat sebelum menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga pada pembelajaran matematika dari 30 siswa terdapat 4 siswa (8%) yang tuntas, dan 26 siswa (92%) tidak tuntas. Selanjutnya dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas 9 siswa (36%), sedangkan yang belum tuntas 21 siswa (64%). Pada siklus II yang tuntas 23 siswa (72%), dan yang tidak tuntas 7 siswa (28%). Dari data diatas terjadi peningakatan dari data awal, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan 12 siswa (64%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Djafar Lessy, M. Si / Pembimbing II : Kaliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Relasi dan Fungsi Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:28
Last Modified: 14 Nov 2022 02:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item