Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segitiga Kelas VII MTs Al Madinah Ambon

Rumfot, Nurita (2022) Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segitiga Kelas VII MTs Al Madinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA DLL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NURITA RUMFOT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Defragmenting adalah proses menata kembali struktur berpikir siswa menjadi struktur berpikir yang lengkap sehingga mencapai pemahaman yang mendalam dan dapat menyelesaikan masalah yang ada. Defragmenting struktur berpikir merupakan penataan ulang struktur berpikir siswa ketika melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika melalui proses disequilibrasi, conflic cognitif, dan scaffolding sehingga siswa dapat memperbaiki kesalahan struktur berpikirnya. Segitiga adalah bangun datar yang diperoleh dengan menghubungkan tiga titik yang tidak segaris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan defragmenting struktur berpikir siswa kelas VII MTs Al Madinah Ambon dalam menyelesaikan masalah segitiga. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Madinah Ambon. Jenis penelitin ini adalah penelitian defkriptif kualitatif, Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara mendalam serta 3) Dokumentasi sebagai data pemdukung. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian defragmenting yang sesuai untuk menata ulang struktur berpikir siswa adalah dengan tahap disequilibrasi (memberikan intervensi dan refleksi materi yang telah dipelajari), conflict cognitive (pertentangan konsep siswa dengan konsep ilmiah), scaffolding (pemberian bantuan dan pembentukan koneksi dalam struktur berpikir siswa). Kedua subjek dalam penelitian memberikan respon yang berbeda pada saat peneliti memberikan defragmenting atau restrukturisasi. Walaupun masing-masing respon berbeda, tetapi dengan pemberian defragmenting dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Defragmenting, Struktur Berpikir, Segitiga
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:14
Last Modified: 15 Nov 2022 00:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item View Item