Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI MAN Ambon

-, Harwiranto (2021) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI MAN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI HARWIRANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Dengan tujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan berfikir kreatif dengan Model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping pada siswa kelas XI MAN Ambon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Ambon yang berjumlah 21 orang siswa. Terdiri dari 3 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian merupakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis mind mapping. Besarnya peningkatan kemampuan kreatif siswa di mulai dari tahap prasiklus nilai siswa yang sudah berpikir kreatif ada 7 orang dengan persentase 38,39% atau nilai rata-rata 62,05 sedangkan peningkatan pada siklus I siswa yang sudah memenuhi berpikir kreatif sebanyak 13 orang dengan presentase 61,90% dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 76,33 dan peningkatan siklus II yang sudah berpikir kreatif sebanyak 19 orang dengan presentase sebesar 90,47% atau dengan rata-rata nilai yang diperoleh 95,51. pada siklus I terdapat beberapa kekurangan yaitu, siswa , malu untuk bertanya, kurangnya pengontrolan di dalam kelas, dan terdapat dua indikator berpikir kreatif yang terpenuhi yakni kelancaran dan keaslian. Sedangkan pada siklus II siswa sudah tidak merasa malu lagi dalam menggungkapkan gagasanya atau pendapatnya, siswa sudah mulai aktif dalam pembelajaran berlangsung dan ke-4 indikator berpikir kreatif sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:57
Last Modified: 17 Nov 2022 00:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item