Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Pada Materi Kalor di MTs Al-Anshor Ambon

Tehuayo, Hidaya (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Pada Materi Kalor di MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi kalor di MTs Al–Anshor Ambon. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al – Anshor Ambon tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 19 siswa. Sampel penelitian ini adalah total sampling/ sampling jenuh “sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan uji hipotesis model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari pada nilai α artinya hipotesis H1 diterima. Dalam hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 100 dan kelas kontrol 80 dengan standar deviasi 13,31. Hasil penujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung 2,616 dan pada taraf signifikan α 0,05 dengan dk =17 diperoleh ttabel = 1,740 dengan demikian thitung >ttabel¬ maka H1 diterima H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi kalor di MTs Al- Anshor Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Zamrin Jamdin, M.Pd /Muhammad Rizal Hardiansyah M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Tadris IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Berdasarkan Subyek > Tadris IPA
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:06
Last Modified: 21 Nov 2022 02:06
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item