Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan di SMP Negeri 23 Ambon

Fernatubun, Intan (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia sebagai faktor fundamental yang menentukan keberhasilan dalam pembangunan. Proses mencerdaskan generasi bangsa akan terlaksana jika diterapkan sistem pendidikan yang mengacu pada instrumen pembelajaran, penunjang, dan penggerak pendidikan. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Proses penelitian yang dimaksud antara lain melakukan pengamatan terhadap orang dalam kehidupannya sehari-hari, berinteraksi dengan mereka, dan berupaya memahami bahasa dan tafsiran mereka tentang dunia sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan menganalisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan di SMP Negeri 23 Ambon. Hasil menujukan bahwa peneliti menemukan beberapa indaktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar diataranya. Konsentrasi siswa, pemahaman siswa, minat siswa, motivasi siswa, penjelasan materi, kondisi kelas dan sosial ekonomi. Beberapa indikator diatas menjadi penyebab siswa mengalamai kesulitan belajar dikelas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan mata pelajaran biologi di SMP Negeri 23 Ambon antara lain, dalam mengajar biologi guru mengoptimalkan media yang sudah ada, manfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, menggunakan metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa menjadi aktif. Faktor-faktor kesulitan belajar yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal diantaranya konsentrasi belajar siswa yang tidak konduktif, pemahaman siswa terhadap materi kurang baik, kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu pada lingkungan sekolah meliputi guru dalam penyajian materi kurang menarik dan lingkungan keluarga siswa seperti ekonomi orang tua dan kebutuhan belajar siswa, kiranya orang tua lebih memperhatikan kebutuhan sekolah anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd, / Zamrin Jamdin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:36
Last Modified: 21 Nov 2022 02:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item