Keyakinan Epistemologi Siswa Pada Materi Sistem persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Arman, Juanda (2021) Keyakinan Epistemologi Siswa Pada Materi Sistem persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keyakinan epistemologi siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA M.A. Binakarya Melati yang diberikan soal tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali, tes pertama yaitu penjaringan subjek yang diikuti seluruh siswa kelas XI IPA M.A. Binakarya Melati, dengan jumlah soal 1 nomor dan hasil tes diperoleh 7 orang siswa mampu menyelesaikan soal tes. Selanjutnya 7 orang siswa tersebut diberikan soal tes kedua tentang keyakinan epistemologi dengan jumlah soal 1 nomor dan hasil tes diperoleh 7 orang siswa mampu menyelesaikan tes sesuai 4 indikator keyakinan epistemologi dan dilakukan wawancara. Kemudian diambil masing-masing 1 orang siswa untuk mewakili setiap kategori berdasarkan metode penyelesaiannya sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal tes sesuai 4 indikator keyakinan epistemologi yaitu Innate/fixed ability (kemampuan bawaan atau tetap) dimana siswa dalam menyelesaikan soal tes dengan langkah-langkah penyelesaian sesuai cara atau ide siswa itu sendiri dan memiliki keyakinan yang tidak berubah-ubah atau tetap. Authority/expert knowledge (usaha belajar/proses belajar) dimana siswa dalam menyelesaikan soal tes mengunakan metode dan lanmgkah-langkah penyelesaian sesuai pengetahuan yang diperoleh ketika belar di kelas maupun di rumah dan siswa yakin dengan pengetahuan yang diperoleh dari usha atau proses belajarnya. Authority/expert knowledge (pengetahuan berasal dari otoritas yang lebih tahu atau lebih ahli) dimana siswa dalam menyelesaikan soal tes mengunakan metode dan lanmgkah-langkah penyelesaian sesuai pengetahuan yang diperoleh dari gurunya dan siswa yakin dengan pengetahuan yang diperoleh dari gurunya. Certainty knowledge (kepastian pengetahuan) dimana siswa dalam menyelesaikan soal tes sesuai dengan pengalaman dan pengamatan yang dialami dalam kehidupan sehari-hari dan siswa yakin bahwa pengetahuan sifatnya pasti dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Epistemologi, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 23:45
Last Modified: 21 Nov 2022 23:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item