Proses Berpikir Konseptual dan Semi Konseptual Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VII di SMP Negeri 3 Seram Bagian Timur

Siad, Salma (2021) Proses Berpikir Konseptual dan Semi Konseptual Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VII di SMP Negeri 3 Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Proses Berpikir Konseptual dan Semi Konseptual Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 3 Seram Bagian Timur. Tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 25 Februari sampai dengan 25 Maret 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Seram Bagian Timur dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, seluruh siswa tersebut diberi soal tes I untuk mengidentifikasi jenis proses berpikirnya (konseptual dan semi konseptual). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, lembar wawancara dan catatan lapangan. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa karakteristik proses berpikir dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 3 Seram Bagian Timur disimpulkan bahwa siswa yang diwakili oleh siswa S1 dalam menyelesaikan soal sudah dilakukan dengan baik dan benar. Dalam proses penyelesaian siswa S1 cenderung menggunakan proses berpikir konseptual, dimana hasil pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki berdasarkan hasil pelajarannya selama ini. Sedangkan siswa S2 dalam proses penyelesaian berdasarkan dengan proses berpikir semi konseptual, dimana hasil pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan menyelesaikan suatu soal dengan menggunakan konsep tetapi mungkin karena pemahamannya terhadap konsep tersebut belum sepenuhnya lengkap maka penyelesaiannya dicampur dengan cara penyelesaian yang menggunakan intuisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M. Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir Konseptual dan Semi Konseptual , Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:03
Last Modified: 22 Nov 2022 04:03
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item