Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Ar-Rahman Limboro

Hamina, Anju (2022) Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Ar-Rahman Limboro. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTARA PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Strategi pembelajaran guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Ar-Rahman Limboro. ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendorong strategi pembelajaran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Ar-Rahman Limboro. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Penelitian ini dilaksanakan di MA Ar-Rahman Limboro dengan waktu tempuh dari tanggal 04 April sampai 04 Mei 2022. Dengan jumlah Informan 7 orang terdiri dari guru sejarah kebudayaan islam 3 orang dan siswa 4 orang. Adapun teknis analisa data yang di gunkan ada 3 cara antaranya 1) Reduksi Data 2) penjajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi yang di terapkan guru sejarah kebudayaan islam pada siswa di MA Ar-Rahman Limboro adalah dengan memberikan tugas hafalan ini ditujukan agar para siswa dan siswi memiliki kemampuan dalam hal pelajaran agama dengan menghafal ayat maupun hadits yang berkaitan dengan pelajaran yang diajarkan. Motivasi belajar merupakan suatu keadaan yang ada pada diri individu siswa dimana ada dorongan untuk melakukan kegiatan belajar guna untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: 1) semangat guru sejarah kebudayaan islam yang selalu memberikan motivasi siswa 2) Sarana dan prasarana pembelajaran di MA Ar-Rahman yang cukup memadai. Faktor Penghambat guru sejarah kebudayaan Islam (SKI) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Ar-Rahman Limboro. a) Pengaruh Teman sebaya juga sangat mempengaruhi motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam. Sehingga ketika ada siswa yang mempunyai motivasi rendah, maka akan mempengaruhi siswa yang lainnya. b) Kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Siswa yang kurang perhatian dan pengawasan dari orang tua, maka siswa akan mempunyai motivasi belajar yang rendah. Sehingga ketika mengikuti pembelajaran mereka tidak maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Yusuf Abdurachman Luhulima. M.Ag / Hayati Nufus, M.A.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru SKI, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:14
Last Modified: 22 Nov 2022 04:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item